Selasa, 22 Desember 2009

Jamur Untuk Kehidupan

Jamur Untuk Kehidupan

Saudaraku…,
Sesungguhnya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Dan sesungguhnya, tiadalah Allah menciptakan semuanya ini dengan sia-sia.

Untuk itu saudaraku marilah kita buka mata kita lebar-lebar untuk saling menghargai dan mencintai sesama Makhluk ciptaan Allah terutama sesama ciptaan Allah yang sangat sempurna yang bernama MANUSIA.

Melalui layar PEJAMUR NUSANTARA ini kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjalin tali silaturrahim untuk mengambil berkah dari ciptaan Allah yang maha dahsyat yang terkadung dalam tumbuhan Jamur baik sebagai makanan yang lezat ataupun berkhasiat sebagai obat.

Maha Suci Allah, memang semua makhluk yang Allah cipatakan tidak ada yang sia-sia. Termasuk tetumbuhan , seperti Jamur Tiram misalnya :
Dari hasil penelitian, jamur yang biasa kita makan rata-rata mengandung 14-35 persen protein. Dibandingkan dengan beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), jamur berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur ada sembilan jenis dari total 20 jenis yang kita kenal yaitu lysin, methionin, tryphtofan, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin.

Sedangkan kalori yang dikandung jamur adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. Jamur juga kaya akan vitamin, di antaranya B1 (thiamin), B2 (riboflavin), niasin, dan biotin. Untuk mineral, jamur mengandung K, P, Fe, Ca, Na, Mg, Mn, Zn, dan Cu. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet. Menurut hasil riset di Massachusetts University, AS, riboflavin, asam nicotinat, panthotenat, dan biotin (Vit B) yang ada pada jamur masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. dari berbagai sumber by admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar