Selasa, 22 Desember 2009

Peluang Usaha

PELUANG USAHA

Krisis ekonomi yang berkepanjangan menimpa bangsa Indonesia telah melahirkan dampak yang cukup memprihatinkan, dimana paling sedikitnya 40% bangsa Indonesia adalah tergolong miskin. Jutaan penduduk yang kehilangan lapangan pekerjaan (terkena PHK) dan jutaan yang sedang memasuki usia pencari kerja juga tidak memperoleh kesempatan kerja yang layak sehingga terpaksa menganggur. Dampak lebih jauh dari fenomena ini adalah tingkat kehidupan, kesehatan dan pendidikan semakin menurun sementara angka kriminal semakin meningkat.

Di sisi lain, ada banyak potensi mulai dari sumber daya alam, iklim, dan tenaga kerja yang banyak sebenarnya merupakan keunggulan komparatif bangsa Indonesia. Iklim kita yang sepanjang tahun lembab adalah sangat ideal untuk pertumbuhan berbagai jenis jamur. Berbagai produk pertanian, perkebunan dan kehutanan dibuang begitu saja ke lingkungan bahkan sering menimbulkan masalah pencemaran. Padahal semua yang disebut limbha itu adalah berpotensi untuk dipakai bahan dasar unutk aktivitas budidaya jamur. Sayang sekali semua potensi yang ada belum dapat dikembangkan karena masih kurangnya informasi dan ketersediaan tenaga terampil yang siap diterjunkan pada aktivitas bisnis terkait.

Berbagai jenis jamur konsumsi (Oyster, Shiitake, Jamur Kuping, Jamur Merang, Champignon) dan obat (Maetake, Lingzhi, Trametes, Cordyceps) memiliki nilai ekonomi tinggi dapat dijadikan obyek aktivitas bisnis yang menguntungkan. Beberapa dari jenis tersebut ada yang sudah dibudidayakan di Indonesia namun masih belum cukup untuk mensuplai kebutuhan baik pasar lokal maupun luar.

Dari uraian tersebut, program kursus singkat ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan aktivitas budidaya jamur untuk dapat memacu minat menekuninya sebagai entitas bisnis atau kegiatan hoby.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar